RPP Bahasa Inggris Kelas XI Kurikulum 2013
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMK Negeri 2 Sumedang
Mata
pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/semester : XI/1
Komp.
Keahlian : Semua Program Keahlian
Materi
Pokok : Asking for and Giving
Suggestions and Offers
Pertemuan Ke : 1 dan 2
Alokasi Waktu : 6JP (6 x 45 menit)
A. Kompetensi Inti
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif
dan pro-aktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan
dunia.
3.
Memahami, menerapkan, dan menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual,prosedural,
dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah.
4.
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam
ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif,
serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B.
Kompetensi dasar dan Indikator
1.1.
Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa
pengantar komunikasi International yang diwujudkan dalam semangat
belajar.
2.1 Menunjukkan
perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan Komunikasi interpersonal dengan
guru dan teman.
3.1Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada
ungkapan memberi saran dan tawaran, serta responnya, sesuai dengan konteks
penggunaannya.
3.1.1
Siswa dapat mengidentifikasi teks
tulis/lisan yang mengandung ungkapan saran
3.1.2
Siswa dapat mengidentifikasi teks tulis/lisan yang
mengandung ungkapan tawaran
3.1.3
Siswa dapat membedakan ungkapan saran
dan tawaran
3.1.4
Siswa dapat memberi contoh situasi
kapan ungkapan saran digunakan
3.1.5
Siswa dapat memberi contoh sitausi
kapan ungkapan tawaran digunakan
4.1
Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan,
menanyakan, dan merespon ungkapan memberi saran dan tawaran, dengan memperhatikanfungsisosial, strukturteks,
danunsurkebahasaanyang benar dansesuaikonteks
4.1.1
Siswa dapat memberikan saran
berdasarkan konteks dengan tepat.
4.1.2
Siswa dapat meminta saran dengan tepat.
4.1.3
Siswa dapat memberikan tawaran sesuai
konteks.
4.1.4
Siswa dapat merespon tawaran sesuai
konteks.
4.1.5
Siswa dapat menulis ungkapan saran
dengan tepat.
4.1.6
Siswa dapat menulis ungkapan tawaran
dengan tepat.
C.
Tujuan pembelajaran
Pertemuan 1:
Melalui kegiatan diskusi materi dalam bentuk listening
yang didalamnya terkandung materi ungkapan saran, siswa diharapkan dapat:
1.
mengidentifikasi teks tulis/lisan yang
mengandung ungkapan saran serta responnya,
2.
mengidentifikasi teks tulis/lisan yang
mengandung ungkapan tawaran serta responnya,
3.
membedakan ungkapan saran dan tawaran,
4.
memberi contoh situasi kapan ungkapan
saran digunakan,
5. memberi
contoh sitausi kapan ungkapan tawaran digunakan.
Pertemuan 2:
Melalui kegiatan diskusi dalam bentuk menonton video/tayangan yang
didalamnya mengandung materi ungkapan tawaran, siswa diharapkan dapat:
1. memberikan
saran berdasarkan konteks sesuai dengan accepted English rules.
2. meminta
saran berdasarkan
konteks sesuai dengan accepted English rules.
3. memberikan
tawaran berdasarkan
konteks sesuai dengan accepted English rules.
4. Siswa
dapat merespon tawaran berdasarkan konteks sesuai dengan accepted English rules.
5. Siswa
dapat menulis ungkapan saran berdasarkan konteks sesuai dengan accepted English rules.
6. Siswa
dapat menulis ungkapan tawaran berdasarkan konteks sesuai dengan accepted English rules.
D. Materi pembelajaran
-
Teks lisan dan tulis untuk menyatakan,
menanyakan, dan merespon ungkapan memberi saran dan tawaran
-
Fungsi sosial
: Menjaga hubungan interpersonal dengan guru, teman, dan orang lain
-
Struktur teks :
1.
Asking Suggestion: -What is your
suggestion/advice?
- What do you suggest/advise?
- What do you recommend?
- How about going
to the exhibition?
- Do you fancy
- Do you feel like
- Let’s
- Why don’t we
- I suggest we take a rest for a moment
- Would you like to
- You should
- You ought to
- You had better
3. Responses:- Accepting : Yes, Good idea
That’s marvelous idea
That
would be nice
That seems all right
- Rejecting :
No, I can’t
No, I don’t thing so
No, I don’t think I can
No, I don’t really feel like (going to the
pictures)
Well,I’m not sure, I don’t
really like (food rice) very much
Well, I’d rather not, if you
don’t mind
4.Offer
Making Offer :-Can I help you?
-Could
I offer you something?
-Shall
I bring you some tea?
-Would you like another help?
-How about I help you with
this?
Accepting Offer:-Yes,please Declining:
-It’s OK, I can do it
-Thank you, it’s very kind of you
-No, thank you
-Yes, that’d be lovely -No, thanks
- Unsur kebahasaan
(1)
Kata kerja terkait dengan pemberian
saran atau tawaran
(2)
Preposition + verb ing
(3)
Ucapan, tekanan kata, intonasi,
(4)
Rujukan kata
E.
Metode Pembelajaran
Pertemuan 1:
-
Pendekatan
:
Scientific Approach
-
Metode :
Diskusikelompok
-
Strategi : Discovery Learning
-
Model :Audio-lingual
Pertemuan 2:
-
Pendekatan
:
Scientific Approach
-
Metode :
Games
-
Strategi : Discovery Learning
-
Model : Cooperative
Learning
F.
Media, Alat dan Sumber Pembelajaran
1.
Media : Powerpoint
Presentation, rekaman untuk Listening
2.
Alat/Bahan : Loud speaker, laptop, Komputer, LCD
3.
Sumber
Belajara : Buku Paket Bahasa
Inggris, Hand-out,
Suara Guru/Audio
CD/VCD
G.
Langkah – langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Ke–1 (3 x 45 menit)
KEGIATAN
|
DESKRIPSI
KEGIATAN
|
ALOKASI WAKTU
|
Pendahuluan
|
·
Siswa menjawab salam dan merespon saat guru mengecek kesiapan belajar siswa
secara fisik maupun psikologis
·
Kehadiran
siswa
dicek oleh guru.
·
Siswa dan guru berdoa.
·
Siswa dan guru mengucapkan Basmalah untuk memulai
pembelajaran.
·
Apersepsi: Siswa diberi
brainstorming berupa pertanyaan yang sesuai dengan materi yang akan
disampaikan dalam bentuk video.
-
What do
you see in the video?
-
What’s happening?
·
Siswa mendapatkan informasi tentang kompetensi yang
akan mereka pelajari serta tujuan pembelajaran
yang akan dicapai.
|
5 menit
10 menit
|
Inti
|
·
Siswa dibagi menjadi 6 kelompok.
·
Setiap kelompok mendapat satu rekaman/listening
material dan semua siswa bekerja
dalam kelompok masing-masing untuk
menyimak rekaman yang sudah disediakan guru.
·
3 (tiga) kelompok mendapat materi tentang saran dan
3 (tiga) kelompok mendapat materi tentang tawaran.
·
Siswa
mencatat ungkapan-ungkapantentang menyatakan , menanyakan saran dan tawaran
serta responnya
·
Siswa
mengidentifikasi ciri kalimat yang menyatakan , menanyakan saran dan tawaran
·
Dengan bimbingan dari guru, setiap kelompok mempresentasikan
apa yang mereka dapat dari listening material di depan kelas.
·
Siswa lain dapat memberikan pendapat .
·
Siswa diberikan informasi tentang materi yang sedang
mereka pelajari dan diluruskan jika ada pemahaman mereka yang kurang tepat.
|
105 menit
|
Penutup
|
1. Siswa bersama guru menyimpulkan materi pembelajaran.
2. Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang
sudah dilakukan.
3. Siswa diberi pekerjaan rumah yaitu siswa harus mencoba di rumah untuk
menirukan atau mencoba mengucapkan kalimat-kalimat yang mereka sudah pelajari.
|
15 menit
|
Pertemuan Ke–2 (3 x 45 menit)
KEGIATAN
|
DESKRIPSI
KEGIATAN
|
ALOKASI WAKTU
|
Pendahuluan
|
·
Siswa menjawab salam dan merespon saat guru mengecek kesiapan belajar siswa
secara fisik maupun psikologis
·
Kehadiran
siswa
dicek oleh guru.
·
Siswa dan guru berdoa.
·
Siswa dan guru memulai pembelajaran dengan ucapan
Basmalah.
·
Apersepsi: Siswa diberi
brainstorming berupa beberapa pronunciation drill.
-
Please pronounce this word.
·
Siswa mendapatkan informasi tentang kompetensi yang
akan mereka pelajari serta tujuan pembelajaran
yang akan dicapai.
|
5 menit
10 menit
|
Inti
|
·
Setiap siswa diberi satu (1) kartu yang berisi satu
ungkapan saran atau tawaran. Ada yang mendapat ungkapan saran/tawaran dan ada
yang mendapat responnya.
·
Dengan bimbingan guru, satu siswa akan membacakan kartu
yang dia miliki dengan pelafalan yang sesuai dengan aturan bahasa Inggris,
siswa lain yang memegang ungkapan yang merupakan pasangan dari siswa itu akan
merespon sambil berdiri. Siswa lain boleh berkomentar jika ternyata ungkapan
itu tidak matching.
·
Setelah semua siswa membaca kartunya, siswa dan guru
berlatih memngucapkan setiap ungkapan dan responnya.
·
Setelah proses latihan selesai, siswa kembali
dipasangkan dan diminta untuk membuat sendiri dialog yang didalamnya
mengandung ungkapan saran atau tawaran.
·
Setiap
pasangan berdiskusi.
·
Kalau sudah siap, setiap pasangan berdialog ke
depan.
·
Siswa lain dapat memberikan komentar .
·
Siswa diberikan informasi tentang materi yang sedang
mereka pelajari dan diluruskan jika ada pemahaman mereka yang kurang tepat.
|
105 menit
|
H.
Penilaian
1.
Jenis/Teknik Penilaian
·
Sikap
(melalui rubrik pengamatan sikap selama pembelajaran)
·
Pengetahuan
(tes tertulis melalui PG dan essay terbatas)
·
Keterampilan
(unjuk kerja melalui dialog)
2.
Bentuk Instrumen
·
Penilaian
Sikap
No
|
Nama
|
Sikap
|
Ket
|
|||
Santun
|
Peduli
|
Kerjasama
|
|
|||
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
Rubrik
Penilaian:
Skala penilaian sikap dibuat dengan
rentang 1 s.d 5
1 = sangat kurang
2 = kurang konsisten
3 = mulai konsisten
4 = konsisten
5 = selalukonsisten
·
Role play
No
|
Nama
|
Aspek
|
Ket
|
||||
Pron
|
Grammar
|
Performance
|
Fluency
|
Content
|
|||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
a. Pronunciation
5 Mudah
dipahami dan memiliki aksen penutur asli
4 Mudah dipahami
meskipun dengan aksen tertent
3 Ada masalah pengucapan yang membuat pendengar harus konsentrasi penuh dan
kadang-kadang ada kesalahpahaman
2 Sulit dipahami karena ada masalah pengucapan, sering diminta
mengulang
1 Masalah pengucapan serius sehingga tidak bisa dipahami
b. Grammar
5 Tidak ada atau sedikit kesalahan tata bahasa
4 Kadang-kadang membuat kesalahan tata bahasa tetapi
tidak mempengaruhi makna
3Sering membuat kesalahan tata bahasa yang mempengaruhi makna
2 Banyak kesalahan tata bahasa yang menghambat makna dan sering menata
ulang kalimat
1 Kesalahan tata bahasa begitu parah sehingga sulit dipahami
c. Performance
5 Menggunakan kosa kata dan ungkapan seperti penutur
asli
4 Kadang-kadang menggunakan kosa
kata yang tidak tepat
3 Sering
menggunakan kosa kata yang tidak tepat, percakapan menjadi terbatas karena
keterbatasan kosa kata
2 Menggunakan kosa
kata secara salah dan kosa kata terbatas sehingga sulit dipahami
1 Kosa kata sangat terbatas
sehingga percakapan tidak mungkin terjadi
d. Fluency
5 Menggunakan Bahasa Inggris dengan sangat
lancar seperti penutur asli
4 Kadang-kadangmasih mengunakan
intonasi/dialek setempat
3 Sering menggunakan intonasi/dialek setempat
2 Menggunakan intonasi/dialek secara salah dan berbicara terbata-bata
1 Intonasi/dialek tidak jelas karena cara berbicara yang tidak lancar
e. Content
5 Isi percakapan mengandung ungkapan
“Asking for and Giving Suggestion” dan Offering Things and Help”.
4 Isi percakapan mengandung ungkapan
“Asking for and Giving Suggestion” dan Offering Things and Help” akan tetapi
masih ada error.
3 Isi percakapan hanya mengandung satu
ungkapan “Asking for and Giving Suggestion” atau Offering Things and Help”
2 Isi percakapan hanya mengandung satu
ungkapan “Asking for and Giving Suggestion” atau Offering Things and Help” dan
masih terdapat error
1 Isi percakapan tidak mengandung ungkapan “Asking for and Giving Suggestion”
dan Offering Things and Help”
Mengetahui,
Sumedang, 9
Agustus 2014
Kepala SMK Negeri 2 Sumedang,
Guru Mata Pelajaran,
Drs.
H. Cecep Sodikin, M.Pd Euis Juariah, S.S
CONTENT
-
I’d like to show you some pictures
-
What can you see on the picture?
-
What’s wrong with the woman
-
What happen there?
-
What is your suggestion for the woman?
-
What should we do to avoid flood/bad
disaster?
Ø Analyze the following expressions
Asking for
Advice Giving
Advice
What do you think I should do? I
think you should get a lawyer.
What do you suggest? Maybe
you should try
someplace else.
What would you do (in this situation)? Why don't you call the company?
If I were you, I would tell her.
Making Suggestion Giving Suggestion
1. I think you should buy the blue one.
2. I don't think you should sell your car.
3. Let's go bowling tonight.
4. Why don't we go skiing on Saturday?
5. Why don't you come with me to China?
|
That's a good idea.
Thanks for the advice, but I really need
the money.
Sorry, I can't. I'm meeting a friend for
dinner.
Sounds like a good idea. Where do you want
to go?
Thanks, but I've already been there.
|
Ø Read the following dialogue
Anisa :
What shall we do tonight?
Putri :
Why don’t we go to the cinema?
Anisa :
Well, I’m not sure. I don’t really like it very much
Putri :
Well, what do you suggest then?
Anisa :
How about going out for a meal?
Putri :
I don’t think that’s a good idea
Anisa :
All right. How about going to the pub?
Putri :
Okay, I’d prefer to go dancing, if you don’t mind
Anisa :
That’s okay. Why don’t we go to the restaurant afterwards?
Putri :
Yes, that’s a marvelous idea
Comments
Post a Comment