RPP Bahasa Inggris Kelas XI Kurikulum 2013 (3)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP 3)

Sekolah                        : SMKN 2 Sumedang
Mata Pelajaran           : Bahasa Inggris
Kelas/Semester           : XI/3
Program Keahlian       : Semua Program Keahlian
Materi Pokok              : Harapan dan doa bersayap (extended)
Alokasi Waktu             : 6 JP (6 x 45 menit)

A.KOMPETENSI INTI (KI)
1.      Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),  santun, responsif dan pro-aktif  dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.      Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan metakognitif  berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.      Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.



B. Kompetensi Dasar dan Indikator
1.1 Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi International yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2.1. Mengembangkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi antar pribadi dengan guru dan teman.
3.3 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan harapan dan doa bersayap (extended), sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.3.1 Siswa dapat
3.3.2

4.3     Menyusun teks lisan dan tulis untuk mengucapkan dan merespon  ungkapan harapan dan doa bersayap (extended), dengan memperhatikan fungsi social, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.3.1   Siswa dapat
4.3.2    

C. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat menyatakan  harapan dan doa bersayap (extended) lisan dan tulis dengan menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi fungsional.

D. Materi Pembelajaran
     - Teks lisan dan tertulis tentang ungkapan harapan dan doa bersayap (extended).
    - Fungsi Sosial : Menjaga hubungan interpersonal dengan guru, teman, dan orang lain.
     - Struktur Teks:
1)         I hope…..
2)         I wish…..
- Unsur Kebahasaan:
1)         Ucapan, tekanan kata, intonasi 

E. Metode Pembelajaran
     Pendekatan scientific
Strategi: Menyimak, diskusi kelompok, studi pustaka, penugasan individu dan kelompok (proyek)
F. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.      Media:
a.      Power point presentation
b.      Video
2.      Alat/Bahan:
a.      Loud speaker laptop
b.      Computer
c.       LCD
3.      Sumber Belajar:
a.      Buku Bahasa Inggris Kelas XI 
c.       Suara guru

G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
1.      Kegiatan Pendahuluan (5 menit)
·         Guru mengecek kesiapan siswa belajar baik secara fisik maupun psikologis.
·         Guru menanyakan pengalaman siswa dalam berbahasa Inggris (social chat).
·         Guru menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi yang akan dicapai.
·         Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan penjelasan tentang kegiatan yang akan dilakukan siswa untuk menyelesaikan latihan-latihan dan tugas dalam pembelajaran.
2.      Kegiatan Inti (60 menit)
·         Siswa menyimak contoh ungkapan harapan dan doa bersayap (extended).
·         Siswa dapat mengikuti interaksi harapan dan doa
·         Siswa menirukan model interaksi harapan dan doa
·         Siswa mengidentifikasi ciri-ciri interaksi harapan dan doa
3.      Kegiatan Penutup (15 menit)
·         Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan pembelajaran hari itu.
·         Guru memberikan umpan balik pembelajaran.
·         Guru menyampaikan rencana pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
Pertemuan 2
1.      Kegiatan Pendahuluan (5 menit)
·         Guru mengecek kesiapan siswa belajar baik secara fisik maupun psikologis.
·         Guru menanyakan pengalaman siswa dalam berbahasa Inggris (social chat).
·         Guru mengulas singkat materi/kegiatan di pertemuan sebelumnya.
·         Guru menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi yang akan dicapai.
·         Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan penjelasan tentang kegiatan yang akan dilakukan siswa untuk menyelesaikan latihan-latihan dan tugas dalam pembelajaran.
2.      Kegiatan Inti (60 menit)
·         Siswa membuat kalimat tentang ungkapan harapan dan doa bersayap (extended).
·         Siswa secara berkelompok membuat dialog tentang ungkapan harapan dan doa bersayap(extended).
·         Siswa bermain peran (role play) berdasarkan dialog yang telah dibuat.
3.      Kegiatan Penutup (15 menit)
·         Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan pembelajaran hari itu.
·         Guru memberikan umpan balik pembelajaran.
·         Guru menyampaikan rencana pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.

H. Penialaian
1. Jenis/Teknik Penilaian
·         Sikap (melalui rubrik pengamatan sikap selama pembelajaran)
·         Pengetahuan: tes tertulis
·         Keterampilan: membuat kalimat, keterampilan mengembangkan kalimat menjadi dialog, project.






Instrument Penilaian Pengetahuan
·         There are some grammatical errors in the sentences given below. Circle the mistakes in the sentences then rewrite the sentences correctly. If there aren’t any mistakes, put a tick mark next to the sentence.
1.      I am hoping to work hard this year.
2.      I hope we can change the world for better.
3.      I hope I will be able to harder work in my English.
4.      I hope to be successful in realizing my dreams.
5.      Hope I will do able something beneficial my country.
·         Make 10 sentences using “hope” and “which”
·         Make a dialogue using “hope” and “which” in groups

Instrument Penilaian Keterampilan
·         Role play your dialogues in front of the class.

2. Bentuk Instrumen
      Instrumen penilaian sikap
No
Nama
Sikap
Keterangan
Tanggungjawab
Santun
Peduli
Kerjasama
1.






2.






3.













40.







Keterangan:
Skala penilaian sikap dibuat dengan rentang antara 1 s.d 5
1 = sangat kurang
2 = kurang konsisten
3 = mulai konsisten
4 = konsisten
5 = selalu konsisten

Penilaian Proyek
Nama Proyek        :
Alokasi Waktu       :
Pembimbing          :

Nama        : (kelompok)
Kelas          :
No
Aspek
Skor (1-5)
Keterangan
1
2
3
4
5
1
PERENCANAAN







Pembuatan Dialog






2
PELAKSANAAN







a.     Isi







b.     Struktur Teks







c.      Kosakata







d.     Kalimat







e.     Mekanik






3
LAPORAN PROYEK







a.     Performa







b.     Penguasaan Materi Proyek















Rubrik Role Play
Task Description: (Teacher may explain specific assignment in this space)
Criteria
Weight
Exceptional
Admirable
Acceptable
Attempted
Understanding
Of Topic
40%
     Factual information is accurate
     Indicates a clear understanding of topics
    Factual  information is mostly accurate
    Good understanding of topic
    Factual information is somewhat
Accurate
Fair understanding of topic
 Information is inaccurate

Presentation is off topic
Cooperation
30%
Accepts ideas of others; able to compromise
All members contribute
Accepts most ideas without negative comments; able to compromise
Some members contribute
Unwilling to compromise
Few members contribute
Group does not work together
One person does all the work
Presentation
30%
Shows confidence
Informative
     Speaks loudly and clearly
Appropriate use of body language
Shows some confidence
Presents some information
Engages audience
Can be heard
Some use of body language
Unsure of responsibility
Somewhat informative
Engages audience intermittently
Hard to hear
Some movement
Portrayal stalls
Lack information
Audience bored
Mumbles
Body language is lacking; inappropriate



Mengetahui,
Kepala SMK...............................,



NIP.

Sumedang, Agustus  2015
Guru Mata Pelajaran,



________________________
NIP.

Comments

Popular posts from this blog

RPP Bahasa Inggris Kelas XI Kurikulum 2013

RPP Bahasa Inggris Kelas XI Kurikulum 2013 (2)