RPP Bahasa Inggris Kelas XI Kurikulum 2013 (2)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP 2)

Sekolah                        : SMKN 2 Sumedang
Mata Pelajaran           : Bahasa Inggris
Kelas/Semester           : XI/3
Program Keahlian       : Semua Program Keahlian
Materi Pokok               : Opinions
Alokasi Waktu              : 6 JP (6 x 45 menit)

A.KOMPETENSI INTI (KI)
1.      Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),  santun, responsif dan pro-aktif  dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.      Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan metakognitif  berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.      Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.


B. Kompetensi Dasar dan Indikator
1.1 Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi International yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2.1. Mengembangkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi antar pribadi dengan guru dan teman.
3.2  Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan menyatakan pendapat dan pikiran, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.2.1        Siswa dapat mengidentifikasi ungkapan pendapat
3.2.2        Siswa dapat memberikan contoh fungsi ungkapan pendapat

4.2     Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan merespons ungkapan menyatakan pendapat dan pikiran, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.2.1        Siswa dapat meminta pendapat orang lain dengan tepat
4.2.2        Siswa dapat memberikan pendapat dengan tepat

C. Tujuan Pembelajaran
Pertemuan 1:
       Melalui kegiatan diskusi kelompok dengan Problem-Based Learning, siswa diharapkan dapat:
1.    Mengidentifikasi ungkapan pendapat,
2.    Memberikan contoh fungsi penggunaan ungkapan pendapat,
Pertemuan 2:
Melalui kegiatan diskusi kelas, siswa diharapkan dapat
1.      Mengungkapkan pendapat sesuai dengan cases/materi yang telah mereka diskusikan sebelumnya,
2.      Meminta pendapat dan menjawab pertanyaan tentang materi yang telah mereka ungkapkan.
D. Materi Pembelajaran
    - Fungsi Sosial : Menjaga hubungan interpersonal dengan guru, teman, dan orang lain.
     - Struktur Teks:
a.      Asking for Opinions
1)         What do you think about/of …?
2)         What is your opinion about…?
3)         What is your point of view about…?
b. Giving Opinions
These expressions are used to show personal point of view.
1. What I mean is ……
2. In my humble opinion ……
3. I would like to point out that ……
4. To my mind …
5. I am compelled to say ......
6. I reckon …….
7. As I see it ………..
8. By this I mean …….
9. Personally, I think ………
10.In my experience, ………
11. I think …………
12. I strongly believe that ……….
13. According to me, ………
14. As far as I am concerned, ………..
15. From my point of view, ……….
16. As I understand, …
17. In my opinion, ……

c. Agreeing with an opinion
These are some of the expressions used to express agreement with an opinion.
1. I think so too.
2. That's a good point.
3. Neither do I.
4. I agree, I never thought of that.
5. I agree with what you are saying.
6. I couldn't agree more.
7. This is absolutely right.
8. Of course.

d. Disagreeing with an opinion
1. I am sorry, I don't agree with you.
2. I am not sure I agree with you.
3. I don't agree with you.
4. I am afraid I have to disagree with you.
5. I disagree with you.
6. I think you are wrong.
7. That's not the same thing at all.
8. I do not believe that.
9. By this I mean........
10. It is not justified to say so.
11. I am not convinced that ......
12. I can't say I agree with this , and here's why….

- Unsur Kebahasaan:
1)         Pronunciation
2)         Grammar
3)         Intonation
4)         Fluency 

E. Metode Pembelajaran
     Pertemuan 1:
-       Pendekatan        : Scientific Approach
-       Metode              : Diskusi kelompok
-       Strategi             : Problem Based Learning
-       Model                : Cooperative Learning

Pertemuan 2:
-       Pendekatan        : Scientific Approach
-       Metode              : Diskusi Kelas
-       Strategi             : Discovery Learning
-       Model                :
F. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.      Media:
a.      Power point presentation
b.      Video
2.      Alat/Bahan:
a.      Loud speaker
b.       laptop
c.       Computer
d.      LCD
3.      Sumber Belajar:
a.      Buku Bahasa Inggris Kelas XI

G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
1.      Kegiatan Pendahuluan (5 menit)
·         Guru mengecek kesiapan siswa belajar baik secara fisik maupun psikologis.
·         Guru menanyakan pengalaman siswa dalam berbahasa Inggris (social chat).
·         Guru menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi yang akan dicapai.
·         Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan penjelasan tentang kegiatan yang akan dilakukan siswa untuk menyelesaikan latihan-latihan dan tugas dalam pembelajaran.
2.      Kegiatan Inti (60 menit)
·         Siswa menyimak contoh ungkapan pendapat
·         Siswa dapat mengikuti interaksi penyampaian pendapat
·         Siswa menirukan model interaksi penyampaian pendapat
·         Siswa mengidentifikasi ciri-ciri interaksi penyampaian pendapat.
3.      Kegiatan Penutup (15 menit)
·         Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan pembelajaran hari itu.
·         Guru memberikan umpan balik pembelajaran.
·         Guru menyampaikan rencana pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
Pertemuan 2
1.      Kegiatan Pendahuluan (5 menit)
·         Guru mengecek kesiapan siswa belajar baik secara fisik maupun psikologis.
·         Guru menanyakan pengalaman siswa dalam berbahasa Inggris (social chat).
·         Guru mengulas singkat materi/kegiatan di pertemuan sebelumnya.
·         Guru menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi yang akan dicapai.
·         Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan penjelasan tentang kegiatan yang akan dilakukan siswa untuk menyelesaikan latihan-latihan dan tugas dalam pembelajaran.
2.      Kegiatan Inti (60 menit)
·         Siswa membuat kalimat dengan menggunakan ungkapan pendapat.
·         Siswa secara berkelompok membuat dialog dengan menggunakan ungkapan pendapat.
·         Siswa bermain peran (role play) berdasarkan dialog yang telah dibuat.
3.      Kegiatan Penutup (15 menit)
·         Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan pembelajaran hari itu.
·         Guru memberikan umpan balik pembelajaran.
·         Guru menyampaikan rencana pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.

H. Penialaian
1. Jenis/Teknik Penilaian
·         Sikap (melalui rubrik pengamatan sikap selama pembelajaran)
·         Pengetahuan: tes tertulis
·         Keterampilan: membuat kalimat, keterampilan mengembangkan kalimat menjadi dialog, project.






Instrument Penilaian Pengetahuan
·          
Instrument Penilaian Keterampilan
·         Play your dialogues in front of the class.

2. Bentuk Instrumen
      Instrumen penilaian sikap
No
Nama
Sikap
Keterangan
Tanggungjawab
Santun
Peduli
Kerjasama
1.






2.






3.













40.







Keterangan:
Skala penilaian sikap dibuat dengan rentang antara 1 s.d 5
1 = sangat kurang
2 = kurang konsisten
3 = mulai konsisten
4 = konsisten
5 = selalu konsisten

Penilaian Proyek
Nama Proyek        :
Alokasi Waktu       :
Pembimbing          :

Nama        : (kelompok)
Kelas          :
No
Aspek
Skor (1-5)
Keterangan
1
2
3
4
5
1
PERENCANAAN







Pembuatan Dialog






2
PELAKSANAAN







a.     Isi







b.     Struktur Teks







c.      Kosakata







d.     Kalimat







e.     Mekanik






3
LAPORAN PROYEK







a.     Performa







b.     Penguasaan Materi Proyek















Rubrik Role Play
Task Description: (Teacher may explain specific assignment in this space)
Criteria
Weight
Exceptional
Admirable
Acceptable
Attempted
Understanding
Of Topic
40%
     Factual information is accurate
     Indicates a clear understanding of topics
    Factual  information is mostly accurate
    Good understanding of topic
    Factual information is somewhat
Accurate
Fair understanding of topic
 Information is inaccurate

Presentation is off topic
Cooperation
30%
Accepts ideas of others; able to compromise
All members contribute
Accepts most ideas without negative comments; able to compromise
Some members contribute
Unwilling to compromise
Few members contribute
Group does not work together
One person does all the work
Presentation
30%
Shows confidence
Informative
     Speaks loudly and clearly
Appropriate use of body language
Shows some confidence
Presents some information
Engages audience
Can be heard
Some use of body language
Unsure of responsibility
Somewhat informative
Engages audience intermittently
Hard to hear
Some movement
Portrayal stalls
Lack information
Audience bored
Mumbles
Body language is lacking; inappropriate



Mengetahui,
Kepala SMK______________,



------------------------------------


Sumedang, Agustus  2015
Guru Mata Pelajaran,



-----------------------------
-

Comments

Popular posts from this blog

RPP Bahasa Inggris Kelas XI Kurikulum 2013

RPP Bahasa Inggris Kelas XI Kurikulum 2013 (3)