RPP Bahasa Inggris Kelas XI Kurikulum 2013 (2)
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP
2)
Sekolah : SMKN 2 Sumedang
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : XI/3
Program Keahlian : Semua Program Keahlian
Materi Pokok : Opinions
Alokasi Waktu : 6 JP (6 x 45
menit)
A.KOMPETENSI
INTI (KI)
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menghayati dan
mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif
dan pro-aktif dan menunjukan sikap
sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.
Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural dan metakognitif berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan
minatnya untuk memecahkan masalah.
4.
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara
efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator
1.1 Mensyukuri kesempatan
dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi
International yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2.1. Mengembangkan perilaku santun dan peduli dalam
melaksanakan komunikasi antar pribadi dengan guru dan teman.
3.2 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan pada ungkapan menyatakan
pendapat dan pikiran, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.2.1
Siswa dapat mengidentifikasi ungkapan
pendapat
3.2.2
Siswa dapat memberikan contoh fungsi
ungkapan pendapat
4.2
Menyusun teks lisan dan tulis untuk
menyatakan dan merespons ungkapan menyatakan pendapat dan pikiran, dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan
sesuai konteks.
4.2.1
Siswa dapat meminta pendapat orang
lain dengan tepat
4.2.2
Siswa dapat memberikan pendapat dengan
tepat
C.
Tujuan Pembelajaran
Pertemuan
1:
Melalui
kegiatan diskusi kelompok dengan Problem-Based Learning, siswa diharapkan
dapat:
1.
Mengidentifikasi ungkapan pendapat,
2.
Memberikan contoh fungsi penggunaan
ungkapan pendapat,
Pertemuan
2:
Melalui kegiatan diskusi kelas, siswa
diharapkan dapat
1.
Mengungkapkan pendapat sesuai dengan
cases/materi yang telah mereka diskusikan sebelumnya,
2.
Meminta pendapat dan menjawab
pertanyaan tentang materi yang telah mereka ungkapkan.
D.
Materi Pembelajaran
-
Fungsi Sosial : Menjaga hubungan
interpersonal dengan guru, teman, dan orang lain.
- Struktur
Teks:
a. Asking for Opinions
1)
What do you think about/of …?
2)
What is your opinion about…?
3)
What is your point of view about…?
b. Giving
Opinions
These expressions
are used to show personal point of view.
1. What I mean is
……
2. In my humble
opinion ……
3. I would like
to point out that ……
4. To my mind …
5. I am compelled
to say ......
6. I reckon …….
7. As I see it
………..
8. By this I mean
…….
9. Personally, I
think ………
10.In my
experience, ………
11. I think …………
12. I strongly
believe that ……….
13. According to
me, ………
14. As far as I
am concerned, ………..
15. From my point
of view, ……….
16. As I
understand, …
17. In my opinion,
……
c. Agreeing
with an opinion
These are some of
the expressions used to express agreement with an opinion.
1. I think so
too.
2. That's a good point.
3. Neither do I.
4. I agree, I
never thought of that.
5. I agree with
what you are saying.
6. I couldn't
agree more.
7. This is
absolutely right.
8. Of course.
d. Disagreeing with an opinion
1. I am sorry, I don't agree with you.
2. I am not sure I agree with you.
3. I don't agree with you.
4. I am afraid I have to disagree with you.
5. I disagree with you.
6. I think you are wrong.
7. That's not the same thing at all.
8. I do not believe that.
9. By this I mean........
10. It is not justified to say so.
11. I am not convinced that ......
12. I can't say I agree with this , and here's why….
- Unsur Kebahasaan:
1)
Pronunciation
2)
Grammar
3)
Intonation
4)
Fluency
E.
Metode Pembelajaran
Pertemuan 1:
- Pendekatan : Scientific Approach
- Metode : Diskusi kelompok
- Strategi :
Problem Based Learning
- Model : Cooperative Learning
Pertemuan
2:
- Pendekatan : Scientific Approach
- Metode : Diskusi Kelas
- Strategi :
Discovery Learning
- Model :
F.
Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.
Media:
a.
Power point presentation
b.
Video
2.
Alat/Bahan:
a.
Loud speaker
b.
laptop
c.
Computer
d.
LCD
3.
Sumber Belajar:
a.
Buku Bahasa Inggris Kelas XI
b.
Audio CD (http://www.youtube,com/watch?v=EN8L2ifxdw8, dan http://www.youtube.com/watch?v=jFBfTmVVO7Q )
G.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
1.
Kegiatan Pendahuluan (5 menit)
·
Guru mengecek kesiapan siswa belajar
baik secara fisik maupun psikologis.
·
Guru menanyakan pengalaman siswa dalam
berbahasa Inggris (social chat).
·
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran
atau kompetensi yang akan dicapai.
·
Guru menyampaikan garis besar cakupan
materi dan penjelasan tentang kegiatan yang akan dilakukan siswa untuk
menyelesaikan latihan-latihan dan tugas dalam pembelajaran.
2.
Kegiatan Inti (60 menit)
·
Siswa menyimak contoh ungkapan pendapat
·
Siswa dapat mengikuti interaksi penyampaian pendapat
·
Siswa menirukan
model interaksi penyampaian pendapat
·
Siswa
mengidentifikasi ciri-ciri interaksi penyampaian pendapat.
3.
Kegiatan Penutup (15 menit)
·
Siswa dengan bimbingan guru
menyimpulkan pembelajaran hari itu.
·
Guru memberikan umpan balik
pembelajaran.
·
Guru menyampaikan rencana pembelajaran
untuk pertemuan berikutnya.
Pertemuan
2
1.
Kegiatan Pendahuluan (5 menit)
·
Guru mengecek kesiapan siswa belajar
baik secara fisik maupun psikologis.
·
Guru menanyakan pengalaman siswa dalam
berbahasa Inggris (social chat).
·
Guru mengulas singkat materi/kegiatan
di pertemuan sebelumnya.
·
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran
atau kompetensi yang akan dicapai.
·
Guru menyampaikan garis besar cakupan
materi dan penjelasan tentang kegiatan yang akan dilakukan siswa untuk
menyelesaikan latihan-latihan dan tugas dalam pembelajaran.
2.
Kegiatan Inti (60 menit)
·
Siswa membuat kalimat dengan menggunakan ungkapan pendapat.
·
Siswa secara berkelompok membuat dialog dengan menggunakan ungkapan pendapat.
·
Siswa bermain peran (role play)
berdasarkan dialog yang telah dibuat.
3.
Kegiatan Penutup (15 menit)
·
Siswa dengan bimbingan guru
menyimpulkan pembelajaran hari itu.
·
Guru memberikan umpan balik
pembelajaran.
·
Guru menyampaikan rencana pembelajaran
untuk pertemuan berikutnya.
H.
Penialaian
1. Jenis/Teknik Penilaian
·
Sikap (melalui rubrik pengamatan sikap
selama pembelajaran)
·
Pengetahuan: tes tertulis
·
Keterampilan: membuat kalimat,
keterampilan mengembangkan kalimat menjadi dialog, project.
Instrument Penilaian Pengetahuan
·
Instrument Penilaian Keterampilan
·
Play your dialogues in front of the class.
2. Bentuk Instrumen
Instrumen penilaian
sikap
No
|
Nama
|
Sikap
|
Keterangan
|
|||
Tanggungjawab
|
Santun
|
Peduli
|
Kerjasama
|
|||
1.
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
40.
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
Skala penilaian sikap dibuat dengan rentang antara 1 s.d 5
1 = sangat kurang
2 = kurang konsisten
3 = mulai konsisten
4 = konsisten
5 = selalu konsisten
Penilaian Proyek
Nama Proyek :
Alokasi Waktu :
Pembimbing :
Nama : (kelompok)
Kelas :
No
|
Aspek
|
Skor (1-5)
|
Keterangan
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||
1
|
PERENCANAAN
|
|
|
|
|
|
|
|
Pembuatan Dialog
|
|
|
|
|
|
|
2
|
PELAKSANAAN
|
|
|
|
|
|
|
|
a.
Isi
|
|
|
|
|
|
|
|
b.
Struktur Teks
|
|
|
|
|
|
|
|
c.
Kosakata
|
|
|
|
|
|
|
|
d.
Kalimat
|
|
|
|
|
|
|
|
e.
Mekanik
|
|
|
|
|
|
|
3
|
LAPORAN PROYEK
|
|
|
|
|
|
|
|
a.
Performa
|
|
|
|
|
|
|
|
b.
Penguasaan Materi Proyek
|
|
|
|
|
|
|
Rubrik Role Play
Task Description: (Teacher may explain
specific assignment in this space)
|
|||||
Criteria
|
Weight
|
Exceptional
|
Admirable
|
Acceptable
|
Attempted
|
Understanding
Of Topic
|
40%
|
|
|
Accurate
|
Presentation is off topic
|
Cooperation
|
30%
|
|
|
|
|
Presentation
|
30%
|
Informative
Appropriate use of body language
|
Can be heard
|
Hard to hear
Some movement
|
Lack information
Body language is lacking;
inappropriate
|
Mengetahui,
Kepala SMK______________,
------------------------------------
|
|
Sumedang, Agustus 2015
Guru Mata Pelajaran,
-----------------------------
-
|
Comments
Post a Comment